Gain dan Agate Uji Coba Gim Kimo

Jakarta, 21 Juni 2021 — Perilaku calon ibu terkait asupan gizi dan kesehatan sangat berpengaruh terhadap kesehatan sang buah hati yang dilahirkan nantinya. Perilaku yang dimaksud dimulai dari kebiasaan di masa sebelum kehamilan, saat ibu mengandung, hingga setelah anak lahir. Berdasarkan kajian hasil survei formatif yang dilakukan Global Alliance for Improved Nutrition (GAIN) bersama dengan LSHTM (London School Hygiene for Tropical Medicine) di Jawa Timur pada tahun 2014, banyak perempuan  yang masih kurang memperhatikan asupan gizi bagi dirinya selama masa kehamilan. Kurangnya pengetahuan dan informasi merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya masalah tersebut, misalnya asumsi yang umum di masyarakat bahwa makanan bergizi hanya bisa didapat dari makanan mahal, padahal banyak sumber pangan yang sehat dan bergizi di sekitar kita dengan harga terjangkau 

Fasilitas informasi serta penyuluhan gizi dan kesehatan terhadap ibu hamil yang baik dan benar sebetulnya sudah tersedia di Posyandu dan Kelas Ibu. Sejak tahun 2018 hingga sebelum Pandemi Covid-19 melanda, GAIN juga telah membantu 4.494 posyandu di 5 kabupaten/kota  di Jawa Timur untuk memperbaiki perilaku gizi selama kehamilan melalui sesi permainan interaktif bernama Emo-Demo. Namun sayangnya sejak masa pandemi dimulai di Maret 2020, kegiatan tatap muka langsung menjadi sangat terbatas dan tidak bisa dilakukan demi menjaga kesehatan masyarakat dan mencegah penyebaran COVID-19.  

Merespon hal ini, GAIN, melalui program kerjasama perbaikan gizi masyarakat Kementerian Kesehatan – GAIN,  bekerjasama dengan AGATE, sebuah perusahaan gim asal Bandung, dan SALIENT, perusahaan konsultan untuk perubahan perilaku yang berbasis di London, mengembangkan sebuah gim interaktif  untuk meningkatkan kesadaran dan sekaligus menstimulasi perubahan perilaku calon ibu agar lebih memperhatikan asupan gizi dan kesehatan selama masa kehamilan. Berdasarkan jajak pendapat yang dilakukan secara daring dan masukan dari publik,  nama KIMO terpilih untuk nama gim ini, yang merupakan singkatan dari Kids and Mom. 

Hadirnya KIMO sebagai aplikasi edukasi diharapkan dapat membantu memberikan informasi  dan menstimulasi perubahan perilaku para calon ibu di dalam mempraktikan pola hidup sehat dengan asupan gizi yang baik. 

Dalam proses pengembangannya, gim KIMO menggunakan pendekatan ‘Self-determination Theory”, yaitu teori perubahan perilaku yang menyarankan tiga kondisi untuk motivasi dan keterlibatan seseorang dalam aktivitas dan pembentukan kebiasaan baru yaitu pengalaman individu akan otonomi, kompetensi dan keterkaitan. Mengadaptasi teori tersebut, modul-modul dalam aplikasi KIMO dirancang untuk menumbuhkan kesadaran para ibu tentang perilaku baik secara sukarela, tanpa menggurui secara langsung.  

Sajian modul di dalam aplikasi gim ini dikemas menjadi cerita dengan bahasa populer, disertai  dengan ilustrasi visual yang menarik sehingga akan mudah diikuti oleh para ibu dari berbagai kalangan. KIMO juga menghadirkan fitur pengingat dan jurnal untuk mencatat setiap momen berharga ibu dan anak. GAIN berharap uji coba aplikasi ini  dapat bermanfaat untuk membantu  memberikan informasi, memicu perubahan perilaku ibu hamil untuk memperhatikan diri sendiri selama kehamilan, serta mengkonsumsi makanan bergizi. Para pengguna gim ini juga diharapkan  dapat memberi masukan untuk pengembangan aplikasi ini ke depannya. 

  1. Agnes Mallipu, Acting Country Representative dari GAIN di Indonesia mengatakan: “Banyak yang tidak menyadari bahwa masa kehamilan sampai dengan anak berusia dua tahun atau 1000 hari pertama kehidupan adalah periode yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Program kerjasama GAIN dengan Kementerian Kesehatan untuk meningkatkan status gizi masyarakat yang dilaksanakan sejak tahun 2017 di antaranya adalah program perbaikan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Namun dengan pemberlakuan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 menyebabkan beberapa kegiatan edukatif-interaktif untuk ibu hamil dan ibu dengan anak bawah dua tahun (BADUTA) seperti emo demo di posyandu tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, Sebagai respon terhadap situasi ini, GAIN berinisiatif menciptakan gim interaktif berbasis Android untuk tetap dapat menjangkau kaum ibu dalam memberikan informasi dan pemicuan perubahan perilaku agar selalu menjaga kesehatan dan mengkonsumsi makanan bergizi selama masa kemhamilan, terlebih di masa pandemi ini.“

Produser gim KIMO, Tedy Ardyan, membagikan harapannya: 

“Kehadiran buah hati bukan hanya tentang kelahiran seorang bayi, namun juga menjadi sebuah proses pembelajaran bagi Ibu dan Ayah. Tentunya semua orang tua ingin melihat anaknya tumbuh sehat, cerdas dan bahagia, dan tercukupi gizinya. Melalui gim KIMO, Agate berharap bisa membantu pembekalan para calon orang tua di seluruh Indonesia, terutama ibu dan calon ibu, untuk dapat menjalani kehamilan dengan sehat dan bahagia, serta membantu mendampingi orang tua secara virtual agar dapat mengasuh anak dengan baik  hingga usia dua tahun.” 

KIMO sudah bisa diunduh secara gratis di PlayStore. 

Link PlayStore: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.agate.kimo 

Explore the potential of games and the metaverse

— with the support of a world-class development team.

logo of seruni creative social media agency

Social Media Agency

Promoting fun, engaging, and creative content across social media platforms, Seruni is a creative social media agency based in Bandung, Indonesia. Since its inception in 2016, Seruni has successfully leveraged creative content across social media platforms to highlight the key message and brand persona of various national and multinational clients.